,
17 September 2020 | Dilihat: 941 Kali
Diduga lakukan Mal Administrasi, Lipan RI Bidik Oknum BPN Jakarta Timur
noeh21
 

Jakarta - Berawal dari pengaduan warga penghuni tanah di RT 010 / RW 09 kelurahan jatinegara Jakarta timur, warga penghuni tanah di Jatinegara indah  Yang sudah berpuluh puluh tahun lamanya Menepati lahan secara turun temurun dengan bukti kepemilikan leter girik adat. Untuk mendapatkan kepastian  hukum atas tanah yang mereka tempati dengan adanya program pemerintahan presiden Jokowi. Lewat layanan PTSL  warga masyarakat berhak memperoleh  kepemilikan hak untuk membuat sertifikat.

Puluhan warga sekitar  RW 010  mengajukan permohonan melalui RW setempat yang selanjutnya  telah dilakukan proses pengukuran dilapangan oleh petugas ukur dari kantor BPN Jakarta timur dan sampai bisa terbit peta bidang. Dalam perjalanan waktu, diketahui bahwa Sertifikat tidak dapat diterbitkan dan tumpang tindih. demikian  alasan yang di sampaikan oleh pejabat BPN Jakarta timur. Atas alasan tersebut warga yang tidak puas selanjutnya mengadu ke kantor Lembaga Investigasi Dan Pengawasan Aset Negara ( Lipan RI ).

Sebelum  menindaklanjuti pengaduan tersebut, LIPAN RI kemudian melakukan koordinasi dan investigasi terkait objek lahan tersebut dengan pihak terkait. Berdasarkan hasil investigasi dari tim anggota lipan RI , diketahui terdapat banyak kejanggalan. Berdasarkan hasil temuan fakta dilapangan bahwa pada objek lahan milik warga tersebut terdapat adanya pemohon HPL atas nama Abd Kadir Badjeeber yang  dalam hitungan minggu Secara tiba-tiba telah muncul sertifikat Hak Pengelolaan Lahan (HPL) dalam kurun waktu 4 april 2020 – 17 april 2020. Adapun  dasar permohonan yang bersangkutan adalah penggantian blanko dari yang lama ke yang baru.  Sementara itu, ahli waris dari pemilik surat Girik tersebut telah mengajukan pembuatan sertifikat atas tanah tersebut dari tanggal 8 agustus 2019 dan atas lahan tersebut belum pernah beralih atau di perjualbelikan kepada pihak manapun.

Berdasarkan hasil investigasi di Geo KKP BPN RI banyak kejanggalan - kejanggalan dan diduga dalam proses penerbitan HPL  terindikasi adanya mal administrasi yang dilakukan oleh Oknum Pejabat BPN Jakarta Timur.
 

Alamat DPN LIPAN RI

Gedung Yayasan Purna Bakti (Yarnati) Lt 4 Ruang 405 - 407 Jln Proklamasi
No 44 Menteng - Jakarta Pusat (10320)
Telp/ Fax (021)3928018
Email: dpn.lipanri@gmail.com
Terdaftar Kumham RI AHU : 20170327204822278373
Terdaftar di 
Berita Negara No. 063 Tambahan Berita Negara RI No. 000301
Tanggal Terbit 07 Agustus 2020 Perum Percetakan Negara RI