,
23 Oktober 2019 | Dilihat: 473 Kali
LIPAN RI: "Selamat Dan Sukses Bapak Sofyan Djalil Pimpin ATR/BPN 2 Periode"
noeh21
 

Jakarta - Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD. kembali dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang / BPN. Salah satu targetnya di periode kedua ini adalah membuat daftar kepemilikan tanah atau sertifikasi di seluruh Indonesia. "Kita sudah punya roadmap di 2025, mudah-mudahan seluruh tanah di Indonesia terdaftar," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Untuk mencapai target itu, Sofyan mengatakan Kementerian ATR tengah membuat program digitalisasi pertanahan. Ditargetkan pada 2025 kantor pertanahan di seluruh Indonesia sudah berbasis elektronik. "Kita juga bikin program digitalisasi pertanahan, mudah-mudahan kantor pertanahan di 2025 sudah berbasis elektronik seperti kantor pertanahan di negara-negara maju," tambahnya.

Menurutnya, digitalisasi pertanahan bisa menjadi obat berbagai permasalahan selama ini, salah satunya terkait sengketa lahan. Dia percaya digitalisasi pertanahan bisa menekan kasus sengketa tanah. "Jika semua sudah terdaftar maka sengketa tanah bisa minimum walaupun nggak bisa hilang. Dan dengan demikian orang yang punya tanah sertifikat bisa finansial eksklusif yang mereka mempunyai sertifikat untuk leverage kepada sistem keuangan dan perbankan," tutupnya.

Pria kelahiran Aceh Timur, 23 September 1953 itu punya banyak pengalaman sebagai menteri. Di era Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2004-2007, dia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Di era SBY pula, Sofyan pernah menjabat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) yang saat ini dipegang oleh Erick Thohir. Dikutip dari situs Kementerian ATR, sebagai Menteri BUMN, Sofyan melakukan reformasi BUMN dengan mempercepat proses restrukturisasi dan privatisasi juga secara agresif merekrut eksekutif professional dari berbagai latar belakang untuk menjadi pemimpin BUMN.

Pada periode kedua SBY, Sofyan juga pernah menjabat sebagai Ketua Tim Kajian Strategis (Telstra) Kantor Wakil Presiden Budiono. Ia membantu Wapres dalam kajian, perumusan dan evaluasi berbagai kebijakan strategis, antara lain, pembangunan Infrastruktur, pendidikan dan reformasi birokrasi. Sementara di era Joko Widodo tahun 2014, dia ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Namun tahun 2015, Presiden Jokowi melakukan resuffle sehingga dia dipindahkan menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia atau Kepala Bapennas hingga 2016. Setelah itu, dia menduduki posisi menteri ATR hingga periode Kabinet Kerja Jilid 1 berakhir.

Sementara itu Ketua Umum Lembaga Investigasi dan Pengawasan Aset Negara Republik Indonesia (LIPAN RI) Harun S Prayitno., SE., SH menyampaikan Puji Syukur dan Selamat Atas Terpilihnya Kembali  Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang / BPN Periode 2019-2024. Beliau mempunyai pengalaman yang kaya baik di pemerintahan maupun di sektor swasta, akademis dan penelitian. Dalam pemerintahan beliau bukanlah sosok yang baru, Semoga pada kepemimpinan nya di periode kedua ini tugas yang belum selesai dapat diselesaikan dengan tuntas dan Lancar. Terutama dalam hal masalah tanah yang berkeadilan serta pemberian kepastian hukum dalam bidang pertanahan, khususnya memberi sertifikat tanah kepada masyarakat. Lebih Lanjut di sampaikan Ketum Lipan RI, besar harapan sinergitas dan kerjasama yang baik akan tercipta kembali antara LIPAN RI dan Kementerian ATR/BPN dalam membantu masyarakat untuk penyelesaian masalah pertanahan dan Memberantas Mafia Tanah.
 

Alamat DPN LIPAN RI

Gedung Yayasan Purna Bakti (Yarnati) Lt 4 Ruang 405 - 407 Jln Proklamasi
No 44 Menteng - Jakarta Pusat (10320)
Telp/ Fax (021)3928018
Email: dpn.lipanri@gmail.com
Terdaftar Kumham RI AHU : 20170327204822278373
Terdaftar di 
Berita Negara No. 063 Tambahan Berita Negara RI No. 000301
Tanggal Terbit 07 Agustus 2020 Perum Percetakan Negara RI