,
27 November 2019 | Dilihat: 502 Kali
Lipan RI Siap Bantu Pemprov DKI Atasi Krisis Lahan Pemakamam Umum
noeh21
 

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan Tanah Makam yang tinggi. Mulai dari perluasan Taman Pemakaman Umum ( TPU ) yang ada, pembebasan lahan untuk TPU baru, hingga menerapkan prosedur makam tumpang. Atas hal tersebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan penambahan lahan dalam mengatasi krisis lahan pemakaman umumMengingat  kesediaan lahan untuk pemakaman sudah semakin mendesak dengan ini Pemprov DKI melalui dinas pemakaman  melakukan pembelian atas lahan-lahan Yang ada di sekitar pemakaman guna perluasan area pemakaman.

Lembaga investigasi dan pengawasan aset negara Republik Indonesia (Lipan-RI), sebagai salah satu lembaga yang siap akan membantu  Pemprov DKI Dalam hal pembebasan lahan kepentingan umum untuk pemakaman dan RTH, demikian disampaikan Ketua Umum Lipan RI Harun S Prayitno SE., SH  saat dimintai keterangan nya terkait minimnya areal Pemakaman dan sekelumit permasalahan pembebasan lahan di DKI Jakarta, Rabu (27-11-19).

Lebih lanjut disampaikan Ketua Umum Lipan RI, Pemakaman itu kebutuhan kita semua. Saat ini soal permakaman ini jadi masalah. Dengan luas wilayah yang relatif Padat, jelas pemakaman di Kota Jakarta ini  makin hari makin penuh, tidak dibarengi dengan perluasan. Ini harus dicari solusinya, tegasnya. Harun S Prayitno SE., SH menyerukan kepada  Pemerintah Provinsi DKI harus genjar dalam melakukan upaya pembebasan lahan untuk mengantisipasi kekurangan tanah makam dan apabila dimungkinkan Pemprov DKI memikirkan untuk membeli lahan diluar atau pinggiran Jakarta. Untuk merealisasikan upaya tersebut Lipan RI sebagai lembaga yang independen dan sangat intens dalam membantu masyarakat terkait sengketa dan pembembasan Lahan siap menjalin sinergitas yang baik dengan Pemerintah Provinsi DKI.
 

Alamat DPN LIPAN RI

Gedung Yayasan Purna Bakti (Yarnati) Lt 4 Ruang 405 - 407 Jln Proklamasi
No 44 Menteng - Jakarta Pusat (10320)
Telp/ Fax (021)3928018
Email: dpn.lipanri@gmail.com
Terdaftar Kumham RI AHU : 20170327204822278373
Terdaftar di 
Berita Negara No. 063 Tambahan Berita Negara RI No. 000301
Tanggal Terbit 07 Agustus 2020 Perum Percetakan Negara RI