,
19 Februari 2021 | Dilihat: 327 Kali
Lipan RI Siap Menjadi Garda Terdepan Berantas Praktik Mafia Tanah
noeh21
 

Jakarta - Lipan RI Sebagai Lembaga Independen yang secara Khusus melayani dan memperjuangkan setiap hak warga negara atas kepemilikan tanah, tidak akan tinggal diam apabila terjadi kesewenang – wenangan yang dilakukan oleh pihak manapun baik itu masyarakat secara umum maupun oknum –oknum lainnya.

Ketua Umum Lembaga Investigasi dan Pengawasan Aset Negara ( LIPAN RI ) Harun S Prayitno,SE., SH menyampaikan,  maraknya kasus perampasan tanah yang dilakukan para mafia lantaran aparatur negara tidak menjalankan Undang-Undang (UU) 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria. Selain itu juga Peraturan Pemerintah (PP) 1/1960 tentang Pendaftaran Tanah. Kedua peraturan tersebut sebenarnya dinilai sangat berpihak kepada rakyat untuk melegitimasi tanah yang mereka miliki sesuai dengan amanah Pancasila dan UUD 45.

Menyikapi permasalahan Mafia Tanah, Lipan RI baru baru ini telah melakukan Investigasi lahan kosong Yang terletak di Jl permata hijau 2 kelurahan Grogol selatan.  lahan seluas  105 ribu m2 dengan alas hak eigendom perponding  No 5571.

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut Tim Investigasi, Sebagian lahan  tersebut diketahui terpasang plang milik Pemda DKI dan sebagian lagi diklaim milik ahli waris pemilik eigendom.

Diatas objek lahan tersebut terindikasi adanya praktik-ptaktik mafia tanah Dengan modus mengaku ahli waris dan mengaku sebagai pejabat pengawas BPN .

Hal tersebut dilakukan diduga Untuk menarik dana investor pembiayaan surat-surat kelengkapan administrasi yang mencapai miliaran rupiah,  praktek-praktek ini tidak bisa dibiarkan.

Harun S Prayitno,SE., SH menegaskan, Lipan RI  akan siap menjadi garda terdepan khususnya  dalam memberantas praktek para mafia tanah yang jelas jelas sangat merugikan masyarakat atas kepemilikan tanahnya  dengan menggandeng berbagai institusi serta tim Mabes Polri dan  kejaksaan.
 

Alamat DPN LIPAN RI

Gedung Yayasan Purna Bakti (Yarnati) Lt 4 Ruang 405 - 407 Jln Proklamasi
No 44 Menteng - Jakarta Pusat (10320)
Telp/ Fax (021)3928018
Email: dpn.lipanri@gmail.com
Terdaftar Kumham RI AHU : 20170327204822278373
Terdaftar di 
Berita Negara No. 063 Tambahan Berita Negara RI No. 000301
Tanggal Terbit 07 Agustus 2020 Perum Percetakan Negara RI